Eksotisme Candi Ijo Yogyakarta

Yogyakarta yang memiliki label kota pelajar, faktanya juga merupakan daerah yang sarat akan sejarah, terutama kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha. Salah satu wisata candi di Jogja yang wajib dikunjungi adalah Candi Ijo yang berjarak tempuh sejauh 28 kilometer dari pusat kota. Tepatnya, Candi Ijo berada di Desa Sambirejo yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari kompleks Candi Prambanan.

Areal candi ini cukup luas dan usia bangunannya pun kurang lebih sama dengan Candi Ratu Boko, yakni diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi utamanya dikelilingi oleh tiga buah anak candi dengan tahap pemugaran yang belum selesai sepenuhnya oleh pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Ijo juga merupakan candi pemujaan kepada Trimurti dalam keyakinan Hindu, sedangkan untuk dewa utamanya pun tidak berbeda, yakni Dewa Siwa. Hal tersebut dapat dikonfirmasi melalui arca Lingga Yoni yang merupakan perwujudan dari Dewa Siwa dengan istrinya, yakni Dewi Parwati di ruang utama candi yang memiliki struktur bangunan berundak tersebut. Lingga Yoni juga melambangkan kesuburan dan keharmonisan pasangan selayaknya Dewa Siwa dan Dewi Parwati.

Pemandangan unik lain dari candi yang terletak di atas bukit ini adalah pemandangan dari lapangan Bandara Adisucipto Yogyakarta yang tampak begitu jelas. Tidak mengherankan bila banyak kawula muda yang senang mencari spot-spot foto cantik ramai mendatangi lokasi Candi Ijo ini untuk mengabadikan panorama sekitar. Terutama saat sunset menjelang, sebab keindahan matahari tenggelam di areal candi terlalu sayang untuk dilewatkan ataupun tidak diabadikan dengan lensa kamera untuk diunggah di sosial media.

Tidak ada retribusi yang dikenakan terhadap wisatawan yang mengunjungi Candi Ijo. Namun, hal tersebut juga berbanding lurus dengan minimnya fasilitas yang tersedia. Tidak ada toilet umum maupun tempat beristirahat bagi wisatawan, pun demikian dengan rumah makan. Sehingga bila berkunjung ke Candi Ijo, wisatawan sebaiknya menyiapkan bekal yang cukup. Meski demikan, keindahan panorama yang ditawarkan oleh Candi Ijo ini tidak mungkin didapatkan di tempat lain, sehingga tetap worth it dikunjungi.

Category: Wisata Candi