Keanggunan Candi Mendut

Candi Mendut berada sekitar 38 kilometer arah barat laut Kota Yogyakarta, tepatnya berlokasi di Desa Mendut yang sekaligus pula diabadikan sebagai nama candinya, di Kecamatan Mungkid, wilayah Kabupaten Magelang dari Provinsi Jawa Tengah. Posisi Candi Mendut tidak terlalu jauh dari Candi Borobodur, hanya berjarak sekitar tiga kilometer saja dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa menit atau kurang dari lima menit menggunakan kendaraan bermotor.

Berbeda dengan wisata candi di Jogja yang mayoritas merupakan tempat pemujaan umat Hindu, candi di kawasan Magelang didominasi oleh candi Buddha, pun demikian dengan Candi Mendut. Dibangun saat Raja Indra Wangsa Syailendra bertahta, Candi Mendut sendiri memiliki arti wenuwana atau hutan bambu yang mana lokasi sekitar candi memang dahulu dipenuhi bambu menjulang tinggi, meski kemudian dibersihkan dalam masa pemugaran Candi Mendut yang telah direncanakan sebagai tempat wisata sejarah.

Dalam bilik utama Candi Mendut, terdapat tiga buah arca raksasa, yakni Arca Vairocana atau Dyani Buddha Cakyamuni yang terbesar dan diapit dua arca lain di tengah, Arca Bodhisatva Vajrapani, dan Arca Avalokitesvara. Candi Mendut hingga saat ini masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan, tidak mengherankan bila terdapat hio atau dupa menyala serta rangkaian bunga segar dalam bangunan utama candi tersebut.

Sempat menghilang dari keberadaan setelah kepindahan keturunan terakhir dinasti Mataram Kuno ke wilayah Jawa Timur, Candi Mendut berhasil ditemukan kembali pada tahun 1836 oleh J. G. de Casparis, warga Belanda yang berprofesi sebagai seorang arkeolog. Pemerintah Belanda di Indonesia yang berdaulat kala itu pun memulai pemugaran untuk mendapatkan kembali struktur utama Candi Mendut.

Pada hari besar umat Buddha, Candi Mendut akan menjadi salah satu lokasi gelaran upacara keagamaan. Meski begitu, upacara terbuka untuk wisatawan atau masyarakat sekitar yang ingin menonton, dengan syarat tidak menimbulkan kericuhan ketika upacara tengah berlangsung. Untuk memasuki areal Candi Mendut, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- per orang dengan fasilitas umum yang lengkap hasil dari swadaya masyarakat sekitar Candi Mendut sendiri.

Category: Wisata Candi