Keistimewaan Candi Barong

Berlokasi di Kecamatan Prambanan, tepatnya di Dusun Candi Sari dari Desa Sambirejo, terdapat sebuah candi Hindu yang cukup unik dan berbeda dari candi-candi lain di Yogyakarta maupun kawasan Jawa Tengah pada umumnya. Candi Barong juga berada di kawasan perbukitan Batur Agung, sama dengan Candi Ratu Boko. Berada di daerah perbukitan membuat tanah di sekitar candi ditumbuhi rumput-rumput hijau yang subur namun terawat, sehingga tidak merusak keindahan panorama yang ditawarkan.

Keunikan dari Candi Barong adalah bangunan ini ditujukan sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu atau Dewa Pemeliharaan dalam keyakinan Hindu. Sementara, di candi-candi lain yang berada di Yogyakarta maupun Jawa Tengah, mayoritas ditujukan untuk pemujaan terhadap Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Selain dibuktikan melalui arca Dewa Wisnu yang terdapat di ruang pemujaan utama, terdapat pula kerang raksasa berkepala ular yang merupakan perwujudan kendaraan Dewa Wisnu.

Candi Barong yang merupakan salah satu wisata candi di Jogja yang paling cantik ini juga menjadi areal pemujaan terhadap Dewi Sri atau Dewi Kesuburan yang merupakan istri dari Dewa Wisnu dan juga Dewi Laksmi yang merupakan pengiring atau pendamping setia Sang Dewa. Arca ketiga tokoh tersebut ditempatkan di areal utama candi yang dikelilingi oleh dua teras luar yang sayangnya sudah rata dengan tanah dan tidak dapat dipugar.

Jarak Candi Barong dari pusat Kota Yogyakarta hanya sekitar tujuh belas kilometer dan membutuhkan perjalanan kurang dari empat puluh menit menggunakan kendaraan bermotor. Namun, jalanan menuju Candi Barong cukup terjal dan menanjak, sehingga diperlukan kehati-hatian ekstra dalam berkendara. Jika belum hapal dengan rute yang dilalui, sebaiknya menyewa jasa pemandu wisata agar tidak tersesat maupun terjadi masalah ketika mengemudi.

Pesona lain yang ditawarkan oleh Candi Barong selain eksotisme bangunan candi adalah panorama matahari tenggelam yang indah saat disaksikan dari sela-sela bangunan candi utama. Sampai saat ini, wisatawan belum diharuskan membayar tiket masuk ke kawasan Candi Barong, namun hal itu berdampak pada ketiadaan fasilitas yang memadai. Jika ingin ke toilet atau mencari tempat makan harus pergi ke kawasan penduduk yang agak jauh dari areal candi.

Category: Wisata Candi