Wisata Akhir Pekan Di Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu wisata candi di Jogja yang paling terkenal. Candi Prambanan berlokasi pada jarak sejauh tujuh belas kilometer dari Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Prambanan, wilayah otonomi Kabupaten Sleman. Kompleks candi ini sangat luas, sehingga terdapat fakta yang menarik bahwa pusat dari areal candi berada dalam wilayah administratif Daerah Istimewa Yogyakarta, akan tetapi pintu masuknya termasuk dalam teritorial Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dahulu, kompleks candi umat Hindu ini dinamakan Siwagrha atau bahasa Sansekerta yang memiliki arti Rumah Siwa karena memang dewa utama dari candi ini adalah Dewa Siwa yang merupakan Dewa Pemusnah atau pengoreksi kebathilan, ditilik dari penempatan arca raksasanya di ruang pemujaan utama. Meski demikian candi ini juga dibangun untuk memuja Brahma atau Dewa Penciptaan, serta Dewa Wisnu atau Dewa Pemeliharaan. Pembangunannya pada zaman dahulu diperkirakan rampung pada tahun ke-9 masehi.

Sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan acap kali disebut sebagai pesaing dari Candi Borobudur di Kabupaten Magelang yang merupakan candi Buddha terbesar. Terlebih, posisi kedua candi tersebut tidak terlalu jauh satu sama lain. Konon, Candi Prambanan yang dibangun oleh Wangsa Sanjaya yang merupakan pemeluk agama Hindu memang diperuntukkan menandingi Candi Borobudur yang dibangun oleh Wangsa Sailendra meskipun secara garis keturunan mereka masih berstatus sebagai kerabat dekat.

Sayangnya, salah seorang pewaris Wangsa Sanjaya menolak untuk melanjutkan tinggal di kompleks Candi Prambanan dan memutuskan untuk membangun dinasti baru di daerah Jawa Timur. Areal candi kemudian terlantar dan mulai mengalami kerusakan yang diperparah larva dari Gunung Merapi yang meletus. Baru ketika masa kependudukan Inggris, Candi Prambanan ditemukan kembali dan mulai menjalani pemugaran untuk mendapatkan konstruksinya semula, namun proses tersebut berjalan terlalu lambat sampai akhirnya Indonesia merdeka.

Sejak tahun 1991, Candi Prambanan secara resmi berada di bawah pengawasan UNICEF dan dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata alam sekaligus religi Hindu. Saat ini, tiket masuk yang ditetapkan oleh pengelola adalah sebesar Rp. 30.000-40.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 15.000-20.000,- untuk orang yang sudah dewasa.

Category: Wisata Candi