Wisata Murah Meriah Candi Abang

Candi Abang mungkin termasuk sebagai salah satu wisata candi di Jogja yang paling unik. Berlokasi di Dusun Jogotirto yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, candi ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar tiga puluh menit dari pusat Kota Yogyakarta karena hanya berjarak sejauh 14 kilometer saja. Candi ini acap kali disebut sebagai Bukit Teletubbies karena permukaannya seperti bukit hijau dalam animasi anak terkenal, yaitu Teletubbies.

Permukaan Candi Abang memang tertutup sepenuhnya oleh rerumputan hijau akibat bahan konstruksi yang digunakan, yakni bata merah, rentan terhadap tumbunnya lumut dan rumput jika dilakukan pembiaran dalam kurun waktu cukup lama. Penggunaan bata merah sendiri cukup asing bagi candi di Jawa Tengah yang mayoritas menggunakan batu alam Andesit sebagai konstruksi utama, dan umumnya bata digunakan untuk pembangunan candi-candi di daerah Jawa Timur.

Konstruksi asli dari Candi Abang sendiri berbentuk sebuah piramida, tetapi sudah roboh sehingga kini berwujud bukit yang cukup landai. Reruntuhan candi sendiri hanya dapat disaksikan dari puncak bukit dari sebuah cekungan besar meskipun tidak terlalu jelas lagi bentuknya. Candi ini merupakan candi Hindu yang diperuntukkan bagi pemujaan Dewa Siwa.

Menilik dari bentuknya yang menyerupai sebuah bukit, areal Candi Abang cocok sekali untuk dijadikan lokasi bersepeda dengan rute menanjak yang cukup menantang dan memacu adrenalin. Terutama pada sore hari, liburan akhir pekan, ataupun musim liburan panjang, banyak orang yang menghabiskan waktu di sini untuk bersepeda atau sekedar berpiknik bersama keluarga. Meski tidak memiliki spot foto khusus, Candi Abang kerap dijadikan lokasi untuk pemotretan pre-wedding berkat panorama alamnya yang indah.

Selain itu, pengelola menyediakan gazebo yang dapat dipergunakan wisatawan untuk beristirahat dan disertai dengan fasilitas toilet umum. Kehebatan lain dari areal wisata Candi Abang ini adalah biaya retribusi tiket masuk yang ditetapkan sangat murah, hanya Rp. 2.000,- per orang di saat obyek wisata candi lain di Yogyakarta membanderol tarif lebih dari Rp. 10.000,- untuk setiap wisatawan. Jika ada biaya tambahan mungkin hanya tarif parkir kendaraan yang tetap terjangkau.

Category: Wisata Candi